Soal STS 1 (2024-2025) Kelas 7 Bahasa Indonesia Edisi Revisi Kurikulum Merdeka

Ini adalah soal sumatif tengah semester 1 (2024/2025) kelas 7 bahasa Indonesia edisi revisi kurikulum merdeka yang bisa kamu kerjakan.
Soal STS 1 (2024-2025) Kelas 7 Bahasa Indonesia Edisi Revisi Kurikulum Merdeka

Selamat datang di Soal Sumatif Tengah Semester 1 untuk tahun ajaran 2024/2025 Kelas 7 Bahasa Indonesia Edisi Revisi Kurikulum Merdeka ini! Di sini kamu bisa menguji pemahaman dan kemampuanmu. Jangan khawatir, karena setiap soal di sini dirancang untuk membantumu belajar sambil bersenang-senang. Pastikan membaca setiap pertanyaan dengan teliti, dan jangan lupa berdoa karena keberhasilan tidak hanya diukur dari hasil akhir, tetapi juga dari usaha terbaik yang kamu berikan. Semangat mengerjakan, ya!

Penting! Petunjuk pengerjaan: 1. Durasi pengerjaan adalah 60 menit.
2. Soal dikunci, untuk mulai kalian harus mengisi nama.
3. Setelah menuliskan nama, klik tombol Mulai Kuis untuk mulai mengerjakan.
4. Jika sudah mengisi semua jawaban, kalian bisa cek lagi selama waktu tersedia.
5. Jika sudah yakin, silahkan klik tombol Selesai di akhir soal. Skor atau nilai kalian akan muncul.
6. Untuk melihat kunci jawaban, kalian harus mengerjakan dan mendapatkan nilai minimal 85. Akan muncul kode untuk membuka kunci jawaban.
7. Jika waktu habis dan kalian belum mengerjakan hingga selesai, soal akan dikunci dan langsung akan dinilai. Silahkan lihat nilai di akhir soal.
Nama siswa wajib diisi!
60:00

Soal Sumatif Tengah Semester 1 (2024/2025) Kelas 7 Bahasa Indonesia Edisi Revisi Kurikulum Merdeka

1. Jose membaca sebuah tulisan tentang kisah penemu dari bola lampu yang menerangi rumah kita saat ini. Teks yang dibaca Jose adalah teks deskripsi. Apa itu teks deskripsi?



2. Terdapat ciri-ciri yang membedakan teks deskripsi dengan teks lainnya. CIri-ciri tersebut adalah ....



3. Di bawah ini yang merupakah struktur dari teks deskripsi adalah ....



4. Panca indera tidak tepat yang digunakan pada teks deskripsi adalah ....



5. Seseorang menulis teks deskripsi pasti memiliki tujuan sesuai fungsi dari teks deskripsi. Apa fungsi dari teks deskripsi?



Bacalah teks deskripsi berikut untuk menjawab soal nomor 6-12!

Pantan Terong yang Instagramable

Pantan Terong adalah destinasi wisata populer di Kota Takengon, Aceh. Tempat ini dikenal sebagai bukit yang Instagramable dan menjadi favorit wisatawan. Aku akhirnya berkesempatan untuk mengunjungi Pantan Terong. Jika kalian berkunjung ke Aceh, jangan lewatkan tempat ini! Pemandangannya sangat memukau dan dijamin tak akan mengecewakan.

Kami memulai perjalanan dari Banda Aceh pukul 01.00 siang dan tiba di Kota Takengon sekitar pukul 08.00 malam. Setelah makan malam di rumah Paman, kami beristirahat lebih awal untuk bersiap pergi setelah salat subuh. Perjalanan menuju Pantan Terong terasa mendebarkan. Jalan kecil yang curam dan penuh tikungan membuat kami tegang. Namun, keahlian Paman mengendarai mobil membuat perjalanan terasa lebih aman. Setelah sampai di atas bukit, kami pun segera memulai eksplorasi.

Dari ketinggian 1.830 meter di atas permukaan laut, pemandangan yang terlihat sungguh luar biasa. Langit pagi berwarna jingga berpadu dengan kokohnya deretan gunung, perbukitan hijau, dan lembah yang cantik. Kota Takengon terlihat kecil dari atas, sementara Danau Laut Tawar tampak berkilauan diterpa sinar matahari. Suasana pagi yang dingin terbayar dengan keindahan ini. Kata Paman, setelah hujan, pelangi juga sering terlihat di tempat ini.

Tak lengkap rasanya jika tidak berswafoto. Banyak spot foto menarik, salah satunya adalah ayunan di depan tulisan “Pantan Terong” yang dicat merah putih. Latar belakang lembah Kota Takengon menambah keindahan foto. Selain berswafoto, kalian juga bisa menikmati sajian kopi khas Tanah Gayo di sini. Beragam varian kopi, seperti espresso hingga latte, dapat dinikmati sambil menghirup udara segar. Angin sepoi-sepoi membuat suasana semakin nyaman.

Sebelum pulang, ibuku membeli suvenir berupa kopi Gayo untuk mendukung perajin lokal. Dengan mengunjungi Pantan Terong, kita tidak hanya menikmati keindahan alam tetapi juga turut mempromosikan wisata dan kerajinan lokal. Jadi, jika ada kesempatan, sempatkanlah berwisata ke Aceh dan nikmati pesona Pantan Terong!

6. Berdasarkan teks deskripsi di atas, panca indera apa saja yang digunakan untuk menggambarkan Pantan Terong?



7. Apa objek utama yang menjadi fokus dalam teks deskripsi di atas?



8. Apa tujuan dari teks deskripsi tersebut?



9. Manakah bagian yang termasuk identifikasi dalam teks deskripsi tersebut?



10. Kalimat yang menggunakan panca indera sesuai dengan teks di atas adalah ....



11. Manakah informasi yang tidak sesuai dengan teks?



12. Berdasarkan teks, apa pesan utama yang dapat disimpulkan?



13. Manakah dari berikut ini yang termasuk ke dalam puisi rakyat?



14. Tanah airku tidak kulupakan
Kan terkenang selama hidupku

Ciri-ciri apa yang paling menonjol dari puisi di atas?



15. Barang siapa tiada memegang agama
Sekali-kali tiada boleh dibilang nama

Apa ciri utama dari gurindam berdasarkan penggalan tersebut?



16. Manakah struktur gurindam yang benar?



17. Jika hendak mengenal orang mulia
Lihatlah pada kelakuan dia
Jika hendak mengenal orang berilmu
Bertanya dan belajar tiadalah jemu

Apa pesan utama yang disampaikan oleh syair tersebut?



18. Buah mangga buah durian
Dimakan pagi di tengah taman
Banyak harta tak berkepribadian
Seperti rumah tak berpintu taman

Jenis pantun apa yang tercermin dalam pantun di atas?



19. Pagi hari menanam padi
Sore hari menanam jagung
.....
.....

Baris-baris yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ....



20. Manakah dari berikut ini yang merupakan ciri-ciri syair?



21. Angin sepoi-sepoi berbisik lembut di antara dedaunan, menyampaikan kabar kedamaian pada pagi yang cerah.

Kalimat mana yang menggunakan majas personifikasi?



22. Apa pengertian dari majas personifikasi?



23. Kemarin saya pergi ke pasar untuk membeli buah sayuran dan ikan.

Perbaikan penulisan pada kalimat di atas yang benar adalah ....



24. kemarin pagi, aku pergi ke pulau Penyali bersama teman-teman dari jakarta.

Perbaikan penulisan pada kalimat di atas yang benar adalah ....



25. Saya tinggal diJakarta dan akan pergi kekampung halaman pada liburan nanti.

Bagaimana cara memperbaiki penulisan kata depan pada kalimat tersebut?



26. Apa fungsi imbuhan "me~"?



27. Ibu sedang menyapu lantai dengan hati-hati.

Apa makna kata menyapu dalam kalimat tersebut?



28. Perhatikan kata dasar yang diberi imbuhan "me~" berikut!
(1) Tarik → Menarik
(2) Potong → Memotong
(3) Cuci → Mecuci
(4) Lempar → Melompar

Dari kata dasar berikut, manakah yang benar setelah ditambahkan imbuhan "me~"?



Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 29-35!

Bola-Bola Waktu

Ivan berjalan sambil menendang kerikil di jalan dengan kasar. Debu mengepul dari kerikil-kerikil itu, menggambarkan kemarahannya. Lagi-lagi, ia menjadi bahan ejekan teman-temannya. Semua ini gara-gara kue basah yang dijual ibunya! Setiap pagi, Ivan harus bangun pukul setengah empat untuk membantu ibunya membuat kue dan mengantarkannya ke beberapa warung, termasuk kantin sekolah. Hal itu membuatnya dijuluki "tukang kue" oleh teman-temannya, terutama Fiam, si anak paling usil. Ejekan itu semakin menjadi-jadi karena Ivan sering tertidur saat pelajaran akibat kelelahan. Ivan pun mulai merasa bosan dan berpikir untuk berhenti membantu ibunya.

Saat berjalan sambil menggerutu, Ivan tiba-tiba dihentikan oleh seorang pria misterius berkerudung hitam. Pria itu menyodorkan aneka bola warna-warni dan bertanya apakah Ivan ingin melihat kehidupan jika ia berhenti membantu ibunya. Meski ragu, Ivan mengambil bola merah. Seketika, dunia di sekitarnya berputar, dan ia terbangun di kamar yang terasa asing. Kamarnya berantakan, sempit, dan penuh barang milik adiknya. Ia mendapati dirinya di masa depan, di tahun 2022, di mana ia tidak lagi membantu ibunya berjualan kue. Ia juga mengetahui bahwa ayahnya sudah tiada, karena sakit akibat terlalu keras bekerja untuk menghidupi keluarga.

Ivan menyadari bahwa tanpa bantuannya, ibunya harus berjuang sendiri menjual kue. Bahkan saat sakit, ibunya tetap bekerja keras, seperti yang diceritakan oleh Hario, temannya. Mendengar itu, Ivan merasa bersalah. Kehidupannya di masa depan tampak "sempurna" — ia memiliki teman, nilai yang cukup baik, dan menjadi anggota tim basket. Namun, kehilangan ayah dan melihat ibunya semakin menua membuat Ivan menyesali pilihannya. Ia merasa telah membuat keluarganya menderita hanya demi menghindari ejekan teman-teman.

Ivan kemudian terbangun dari mimpinya dan mendapati dirinya kembali di masa kini, dengan ayah dan ibunya masih ada di sisinya. Perasaan lega menyelimuti Ivan, dan ia memeluk ayahnya erat-erat. Hari itu, Ivan bangun lebih awal dan membantu kedua orang tuanya menyiapkan pesanan kue. Tidak ada lagi rasa malas atau menggerutu. Sebaliknya, Ivan merasa bersemangat karena tahu betapa pentingnya perannya dalam membantu keluarga. Ia bahkan mulai bangga dengan kue-kue buatan ibunya yang disukai banyak orang.

Setelah semua kue selesai ditata dan dibungkus, sebuah ide muncul di benak Ivan. Dengan sisa waktu sebelum pergi ke sekolah, ia menggambar kotak berisi aneka kue cantik di atas selembar kertas. Di bagian bawahnya, ia menuliskan, “Camilan Cantik Akhir Minggu – Untuk pemesanan, hubungi Ivan, kelas VII B.” Dengan langkah ringan, Ivan merasa lebih percaya diri. Ia tahu, apa pun ejekan teman-temannya, membantu keluarganya bukanlah sesuatu yang memalukan. Sebaliknya, itu adalah hal yang membanggakan.

29. Berdasarkan cerita Bola-Bola Waktu, apa topik utama yang dibahas dalam teks tersebut?



30. Apa pelajaran yang dapat diambil dari cerita Bola-Bola Waktu?



31. Apa ciri khas teks narasi yang terlihat dalam cerita Bola-Bola Waktu?



32. Berdasarkan cerita Bola-Bola Waktu, di mana latar tempat utama dalam cerita tersebut?



33. Apa masalah utama yang dihadapi Ivan dalam cerita Bola-Bola Waktu?



34. Siapa tokoh utama dalam cerita Bola-Bola Waktu?



35. Apa tujuan penulisan cerita Bola-Bola Waktu?



36. Apa tujuan utama dari cerita fantasi?



37. Berikut ini adalah ciri-ciri dari cerita fantasi, kecuali ....



38. Pilihlah kalimat langsung yang sesuai dengan cerita fantasi!



39. Apa pengertian dari cerita fantasi?



40. Apa saja struktur dari cerita fantasi?



Kode salah! Silakan coba lagi.

Kunci Jawaban Soal Sumatif Tengah Semester 1 (2023/2024) Kelas 7 Bahasa Indonesia Edisi Revisi Kurikulum Merdeka
  1. Jawaban

Selamat telah menyelesaikan Soal Sumatif Tengah Semester 1 untuk tahun ajaran 2024/2025 Kelas 7 Bahasa Indonesia Edisi Revisi Kurikulum Merdeka ini! Terima kasih sudah berusaha dengan baik dan meluangkan waktu untuk menjawab setiap soal. Ingat, hasil adalah cerminan dari proses belajar, jadi jika ada yang belum sempurna, itu adalah kesempatan untuk belajar lebih baik lagi. Terus semangat dalam belajar, karena setiap langkah kecil yang kamu ambil hari ini adalah bagian penting dari perjalanan menuju kesuksesan. Tetap percaya diri, dan jangan pernah ragu untuk mencoba lagi!

About the author

Rohk's
Suka baca, nonton, dan kepo banyak hal.

Posting Komentar