Soal SAS 1 (2024/2025) Kelas 6 Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka

Ini adalah soal sumatif akhir semester 1 (2024/2025) kelas 6 bahasa Indonesia kurikulum merdeka yang bisa kamu kerjakan.
Soal SAS 1 (2024/2025) Kelas 6 Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka

Selamat datang di Soal Sumatif Akhir Semester 1 untuk tahun ajaran 2024/2025 Kelas 6 Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka ini! Di sini kamu bisa menguji pemahaman dan kemampuanmu. Jangan khawatir, karena setiap soal di sini dirancang untuk membantumu belajar sambil bersenang-senang. Pastikan membaca setiap pertanyaan dengan teliti, dan jangan lupa berdoa karena keberhasilan tidak hanya diukur dari hasil akhir, tetapi juga dari usaha terbaik yang kamu berikan. Semangat mengerjakan, ya!

Penting! Petunjuk pengerjaan: 1. Durasi pengerjaan adalah 60 menit.
2. Soal dikunci, untuk mulai kalian harus mengisi nama.
3. Setelah menuliskan nama, klik tombol Mulai Kuis untuk mulai mengerjakan.
4. Jika sudah mengisi semua jawaban, kalian bisa cek lagi selama waktu tersedia.
5. Jika sudah yakin, silahkan klik tombol Selesai di akhir soal. Skor atau nilai kalian akan muncul.
6. Untuk melihat kunci jawaban, kalian harus mengerjakan dan mendapatkan nilai minimal 85. Akan muncul kode untuk membuka kunci jawaban.
7. Jika waktu habis dan kalian belum mengerjakan hingga selesai, soal akan dikunci dan langsung akan dinilai. Silahkan lihat nilai di akhir soal.
Nama siswa wajib diisi!
60:00

Soal Sumatif Akhir Semester 1 (2024/2025) Kelas 6 Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka

Bacalah cerita berikut untuk menjawab soal nomor 1-2!

Aku Anak Indonesia

Hana merasa gelisah saat berjalan menuju sekolah barunya di Indonesia. Dia dan keluarganya baru saja pindah dari Kyoto, Jepang, tempat ayahnya menyelesaikan pendidikan doktor. Sesampainya di halaman sekolah, ayahnya menawarkan untuk menemaninya masuk kelas, tetapi Hana menolak. Meskipun cemas, dia merasa sudah cukup dewasa untuk melakukannya sendiri, seperti saat di Kyoto, di mana dia biasa pergi ke sekolah tanpa ditemani sejak kelas satu SD.

Begitu masuk ke kelas enam, Hana disambut oleh Bu Pertiwi, guru kelas, dengan senyuman hangat. Hana diperkenalkan ke teman-teman sekelasnya, meski awalnya dia merasa gugup dan semua mata tertuju padanya. Setelah memperkenalkan diri, Hana mendengar tawa ringan teman-temannya saat dia menjawab pertanyaan tentang asalnya. Namun, situasi segera menjadi lebih akrab ketika Bu Pertiwi menjelaskan bahwa identitas sebagai anak Indonesia tidak hanya soal tempat lahir, tetapi juga keberagaman latar belakang.

Diskusi di kelas berlanjut tentang apa artinya menjadi anak Indonesia. Hana dengan ragu menyampaikan pendapatnya, tetapi keberanian itu membawanya ke percakapan yang seru. Teman-teman sekelasnya, seperti Juna dan Agni, juga berbagi cerita tentang asal-usul mereka yang berbeda. Percakapan ini membuat Hana merasa lebih nyaman, meskipun dia masih khawatir dengan kemampuan berbahasa Indonesianya.

Bu Pertiwi mencoba membesarkan hati Hana dengan menceritakan pengalaman Agni, yang dulu juga mengalami kesulitan berbahasa Indonesia, tetapi kini sudah mahir. Juna, dengan gaya jenakanya, menawarkan untuk mengajari Hana bahasa Jawa, yang disambut dengan sorakan ramai dari teman-temannya. Hana mulai merasa bahwa teman-teman barunya di sekolah ini ramah dan mendukung.

Tiba-tiba, kelas menjadi heboh karena munculnya kepala botak di jendela. Ternyata itu adalah ayah Hana, Pak Rizal, yang datang membawa oleh-oleh dari Jepang untuk teman-teman Hana. Hana merasa lega ketika melihat teman-temannya dengan senang hati menerima permen Wagashi dan sisir Tsuge yang dibagikan. Saat menyalami teman-temannya satu per satu, dia mencoba menghafalkan nama mereka. Di akhir barisan, Juna dengan gaya khasnya berkata, “Jangan sampai lupa, namaku Juna.” Hana tersenyum hangat, merasa diterima dengan baik di sekolah barunya.

1. Bagaimana sifat Hana yang tergambar dalam cerita?



2. Pesan apa yang dapat dipetik dari kisah Hana bersama teman-teman barunya?



3. Apa yang dapat dilakukan Hana untuk menghadapi rasa cemas saat pertama kali masuk sekolah baru?



4. Saat mengisi sebuah formulir, hal-hal yang harus diperhatikan adalah ....



5. Sinta ingin mengikuti lomba menulis yang diadakan sekolah. Ia diminta mengisi formulir yang memuat informasi tentang nama, kelas, dan jenis lomba yang diikuti. Jenis formulir yang harus digunakan Sinta adalah ....



Bacalah surat berikut untuk menjawab soal nomor 6-8!

Tarempa, 23 November 2024

Hai Hana,

Apa kabar? Semoga kamu selalu sehat dan bahagia di sekolah barumu. Perkenalkan, namaku Aulia. Aku kelas 6 di SD Nusantara, Jakarta. Aku mendapat informasi tentangmu dari program teman pena yang diselenggarakan oleh sekolah kita. Aku sangat senang bisa menulis surat ini dan berharap kita bisa saling bertukar cerita.

Aku ingin tahu lebih banyak tentang kamu! Bagaimana pengalamanmu di sekolah barumu? Aku dengar kamu baru pindah dari luar negeri. Pastinya banyak cerita seru, kan? Kalau aku, hobiku membaca buku dan bermain bulu tangkis. Bagaimana denganmu?

Di sekolahku, kami sedang mempersiapkan lomba cerdas cermat untuk memperingati Hari Pahlawan. Aku ditunjuk untuk mewakili kelas. Rasanya campur aduk antara gugup dan semangat. Aku berharap bisa belajar sesuatu dari pengalaman ini. Apakah di sekolah barumu juga ada kegiatan seperti itu?

Aku tunggu balasan surat darimu, ya. Aku ingin tahu tentang teman-temanmu, pelajaran yang kamu sukai, dan apa saja kegiatan yang kamu lakukan. Semoga kita bisa menjadi sahabat pena yang baik dan saling mendukung.

Salam hangat,

Aulia

6. Berdasarkan isi surat di atas, inti pesan yang ingin disampaikan adalah ....



7. Berdasarkan surat tersebut, kepada siapa surat itu ditujukan?



8. Berdasarkan isi surat di atas, jenis surat apakah itu?



9. Langkah-langkah menulis dan mengirim surat elektronik yang benar adalah



10. Fikri ingin mengirim surat elektronik kepada temannya, Andi, yang tinggal di kota lain. Ia belum pernah mengirim surat elektronik sebelumnya. Guru Fikri menyarankan beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Hal-hal yang dibutuhkan Fikri untuk menulis dan mengirim surat elektronik adalah ....



Perhatikan gambar berikut untuk menjawab soal nomor 11-12!

Soal SAS 1 (2024/2025) Kelas 6 Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka

11. Berdasarkan alur, bentuk, dan informasinya, gambar apakah itu?



12. Informasi apa yang bisa diperoleh dari gambar di atas?



13. Apa pengertian dari wawancara?



14. Sebelum melakukan wawancara, hal berikut ini merupakan persiapan yang perlu dilakukan, kecuali ....



15. Apa sebutan untuk orang yang diwawancarai?



16. Saat melakukan wawancara, sikap berikut ini yang benar adalah ....



17. Dalam persiapan wawancara dengan seorang musisi terkenal, hal berikut yang harus dilakukan adalah ....



18. Apa saja yang harus ada dalam laporan hasil wawancara?



Bacalah laporan hasil wawancara berikut untuk menjawab soal nomor 19-20!

Laporan Hasil Wawancara

Nama: Rohk
Kelas: VI SD Nusantara
Tanggal: 20 November 2024
Lokasi: Puskesmas Nusantara
Alamat: Jl. Merdeka Raya No. 17, DKI Jakarta

Judul: Wawancara tentang Profesi Dokter

Pendahuluan:
Pada hari Senin, 18 November 2024, saya melakukan wawancara dengan Dr. Yudi Rasiman, seorang dokter umum yang bertugas di Puskesmas Nusantara. Wawancara ini bertujuan untuk memahami profesi dokter, tugas-tugasnya, serta motivasi menjadi seorang dokter.

Hasil Wawancara:
1. Apa alasan memilih menjadi dokter?
Dr. Yudi menjelaskan bahwa sejak kecil ia memiliki keinginan membantu orang sakit agar bisa sembuh. Ia juga terinspirasi oleh sosok pamannya, yang juga seorang dokter.

2. Apa saja tugas utama seorang dokter?
Menurut Dr. Yudi, tugas utama dokter adalah memeriksa pasien, memberikan diagnosis, serta menentukan pengobatan yang sesuai. Selain itu, dokter juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang kesehatan.

3. Bagaimana perjalanan pendidikan untuk menjadi dokter?
Dr. Yudi menyampaikan bahwa untuk menjadi dokter, seseorang harus menyelesaikan pendidikan kedokteran selama 6-7 tahun, termasuk tahap koas atau praktik langsung. Setelah itu, mereka harus mengikuti ujian profesi untuk mendapatkan izin praktik.

4. Apa tantangan terbesar dalam profesi ini?
Tantangan terbesar, menurut Dr. Yudi, adalah menghadapi situasi darurat yang membutuhkan keputusan cepat dan tepat. Selain itu, ia juga harus bekerja dengan sabar menghadapi pasien dengan berbagai karakter.

5. Apa hal yang paling menyenangkan dalam profesi ini?
Dr. Yudi merasa senang ketika melihat pasiennya sembuh dan bisa kembali menjalani aktivitas dengan normal. Baginya, itulah kepuasan terbesar menjadi dokter.

Kesimpulan:
Dari wawancara ini, saya memahami bahwa profesi dokter adalah pekerjaan yang mulia karena membantu orang lain untuk tetap sehat. Namun, menjadi dokter membutuhkan pendidikan yang panjang, kesabaran, dan dedikasi tinggi. Profesi ini memberikan banyak pelajaran tentang pentingnya kepedulian terhadap sesama.

Penutup:
Saya sangat terinspirasi oleh cerita dan pengalaman Dr. Yudi. Jika memungkinkan, saya juga ingin menjadi dokter di masa depan agar bisa membantu banyak orang.

Ditulis oleh: Rohk

19. Berdasarkan laporan hasil wawancara di atas, siapa narasumber yang diwawancarai oleh Rohk?



20. Berdasarkan laporan hasil wawancara, informasi apa yang diperoleh mengenai tugas utama seorang dokter?



21. Mana di antara pilihan berikut yang merupakan opini?



22. "Taman Nasional Lorentz adalah permata di timur Indonesia yang tak ternilai harganya." Majas apa yang terdapat pada kalimat tersebut?



23. Apa pengertian dari majas hiperbola?



24. "Taman Nasional Komodo merupakan salah satu tempat paling indah di Indonesia. Taman ini dikenal sebagai habitat asli hewan komodo. Banyak wisatawan dari seluruh dunia datang untuk melihat hewan ini secara langsung." Apa jenis paragraf tersebut?



25. Yang manakah merupakan contoh dari kalimat langsung?



26. Pak Adi berkata, "Kita harus melestarikan hutan di Taman Nasional Gunung Leuser." Kalimat itu mengandung kalimat langsung. Apa fungsi dari kalimat langsung tersebut?



Perhatikan laporan hasil pengamatan berikut untuk menjawab soal nomor 27-30!

Laporan Hasil Pengamatan

Nama: Rohk
Judul: Kegiatan Harian Profesi Nelayan
Lokasi: Desa Nelayan Nusantara
Tanggal Pengamatan: 20 November 2024

Pendahuluan:
Nelayan adalah profesi penting dalam menyediakan sumber daya makanan dari laut. Kegiatan nelayan melibatkan proses menangkap ikan, merawat peralatan, dan menjual hasil tangkapan. Pengamatan ini bertujuan untuk memahami rutinitas harian nelayan dan tantangan yang mereka hadapi.

Hasil Pengamatan:
Dari hasil pengamatan, kegiatan harian nelayan terbagi dalam beberapa tahapan:
  1. Persiapan Melaut: Meliputi mempersiapkan peralatan, bahan bakar, dan bekal sebelum melaut.
  2. Melaut: Proses utama menangkap ikan, biasanya dilakukan pada malam hingga dini hari.
  3. Pasca Melaut: Membersihkan peralatan dan menyortir hasil tangkapan.
  4. Penjualan Hasil: Menjual ikan di pasar atau ke pengepul.

Soal SAS 1 (2024/2025) Kelas 6 Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka

Grafik informasi tentang distribusi kegiatan nelayan menunjukkan bahwa sebagian besar waktu dihabiskan di laut untuk menangkap ikan.

Kesimpulan:
Profesi nelayan membutuhkan ketekunan, keterampilan, dan keberanian, terutama karena menghadapi kondisi laut yang tidak menentu. Meski berat, pekerjaan ini sangat penting dalam menyediakan kebutuhan pangan masyarakat.

Ditulis oleh: Rohk

27. Berdasarkan laporan hasil pengamatan, urutkan tahapan kegiatan nelayan dari persentase terbesar ke terkecil.



28. Tahapan kegiatan nelayan mana yang memiliki porsi hampir sama menurut laporan?



29. Apa informasi utama yang diperoleh dari laporan hasil pengamatan tersebut?



30. Di mana lokasi pengamatan dalam laporan hasil pengamatan tersebut?



31. "Krisis iklim menyebabkan suhu bumi meningkat. Salah satu dampaknya adalah mencairnya es di kutub, yang mengancam kehidupan manusia dan makhluk lainnya." Dari paragraf tersebut, kata yang diberi warna memiliki sinonim ....



32. Apa pengertian dari antonim?



Bacalah teks eksplanasi berikut untuk menjawab soal nomor 33-36!

Soal SAS 1 (2024/2025) Kelas 6 Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka

Krisis iklim terjadi karena suhu rata-rata bumi meningkat akibat gas rumah kaca seperti karbon, metana, dan dinitrius oksida yang terperangkap di atmosfer. Gas-gas ini dihasilkan dari aktivitas manusia, seperti pembakaran bahan bakar fosil, industri, pembukaan lahan untuk agrikultur, dan transportasi. Aktivitas tersebut mempercepat penumpukan gas rumah kaca, menyebabkan perubahan iklim ekstrem.

Dampak dari krisis iklim sangat luas, mulai dari cuaca panas ekstrem, naiknya permukaan laut karena es di kutub mencair, hingga ancaman terhadap biodiversitas. Ketidakseimbangan ini memengaruhi rantai makanan, menurunkan stok ikan, dan mengganggu pertanian. Jika tidak segera ditangani, kekurangan pangan, air bersih, dan tempat tinggal dapat memicu migrasi besar-besaran dan konflik akibat sumber daya yang semakin berkurang.

Untuk mengurangi dampaknya, masyarakat perlu mengadopsi gaya hidup berkelanjutan, seperti mendaur ulang, menggunakan produk lokal, menghemat energi, dan mengurangi konsumsi bahan makanan tinggi emisi seperti daging merah. Langkah-langkah sederhana ini dapat mengurangi tekanan pada lingkungan dan membantu memperlambat krisis iklim.

Selain itu, penggunaan energi terbarukan perlu didorong sebagai alternatif bahan bakar fosil. Namun, transisi ini menghadapi tantangan berupa biaya, akses, dan kesepakatan dari berbagai pihak. Dengan kerja sama global dan perubahan pola konsumsi, krisis iklim dapat ditekan sebelum dampaknya semakin parah.

33. Apa topik utama dari teks eksplanasi di atas?



34. Pilihlah informasi yang tidak sesuai dengan teks eksplanasi di atas!



35. Berdasarkan infografik "Efek Rumah Kaca," apa yang menyebabkan panas terperangkap di atmosfer?



36. Apa hal yang bisa diperbaiki dari infografik "Efek Rumah Kaca"?



37. Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk meringkas teks eksplanasi. Manakah langkah yang paling tepat?



38. Apa saja yang perlu diperhatikan untuk memahami sebuah infografik?



39. Yang bukan ciri-ciri dari sebuah poster?



40. Sekolahmu akan mengadakan acara bertema "Peduli Iklim". Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat poster acara tersebut adalah ....



Kode salah! Silakan coba lagi.

Kunci Jawaban Soal Sumatif Akhir Semester 1 (2023/2024) Kelas 6 Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka
  1. Jawaban

Selamat telah menyelesaikan Soal Sumatif Akhir Semester 1 untuk tahun ajaran 2024/2025 Kelas 6 Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka ini! Terima kasih sudah berusaha dengan baik dan meluangkan waktu untuk menjawab setiap soal. Ingat, hasil adalah cerminan dari proses belajar, jadi jika ada yang belum sempurna, itu adalah kesempatan untuk belajar lebih baik lagi. Terus semangat dalam belajar, karena setiap langkah kecil yang kamu ambil hari ini adalah bagian penting dari perjalanan menuju kesuksesan. Tetap percaya diri, dan jangan pernah ragu untuk mencoba lagi!

About the author

Rohk's
Suka baca, nonton, dan kepo banyak hal.

1 komentar

  1. Anonim
    🌟🌟🌟🌟🌟