Soal SAS 1 (2024/2025) Kelas 6 Pendidikan Pancasila Kurikulum Merdeka

Ini adalah soal sumatif akhir semester 1 (2024/2025) kelas 6 pendidikan Pancasila kurikulum merdeka yang bisa kamu kerjakan.
Soal SAS 1 (2024/2025) Kelas 6 Pendidikan Pancasila Kurikulum Merdeka

Selamat datang di Soal Sumatif Akhir Semester 1 untuk tahun ajaran 2024/2025 Kelas 6 Pendidikan Pancasila Kurikulum Merdeka ini! Di sini kamu bisa menguji pemahaman dan kemampuanmu. Jangan khawatir, karena setiap soal di sini dirancang untuk membantumu belajar sambil bersenang-senang. Pastikan membaca setiap pertanyaan dengan teliti, dan jangan lupa berdoa karena keberhasilan tidak hanya diukur dari hasil akhir, tetapi juga dari usaha terbaik yang kamu berikan. Semangat mengerjakan, ya!

Penting! Petunjuk pengerjaan: 1. Durasi pengerjaan adalah 60 menit.
2. Soal dikunci, untuk mulai kalian harus mengisi nama.
3. Setelah menuliskan nama, klik tombol Mulai Kuis untuk mulai mengerjakan.
4. Jika sudah mengisi semua jawaban, kalian bisa cek lagi selama waktu tersedia.
5. Jika sudah yakin, silahkan klik tombol Selesai di akhir soal. Skor atau nilai kalian akan muncul.
6. Untuk melihat kunci jawaban, kalian harus mengerjakan dan mendapatkan nilai minimal 85. Akan muncul kode untuk membuka kunci jawaban.
7. Jika waktu habis dan kalian belum mengerjakan hingga selesai, soal akan dikunci dan langsung akan dinilai. Silahkan lihat nilai di akhir soal.
Nama siswa wajib diisi!
60:00

Soal Sumatif Akhir Semester 1 (2024/2025) Kelas 6 Pendidikan Pancasila Kurikulum Merdeka

1. Wawan selalu bersikap adil kepada semua temannya saat bermain, tanpa memandang latar belakang mereka. Nilai Pancasila yang diterapkan oleh Wawan adalah nilai sila ke ....



2. Di sebuah desa, warga bergotong-royong memperbaiki jembatan yang rusak agar semua penduduk dapat melewati jembatan dengan aman. Sikap yang harus dilakukan oleh siswa untuk meneladani cerita tersebut adalah ....



3. Rani menghormati teman-teman yang sedang beribadah, meskipun agamanya berbeda. Nilai sila Pancasila yang sesuai adalah ....



4. Sebuah kelompok diskusi di kelas menyelesaikan tugas bersama dengan musyawarah untuk mencapai keputusan yang adil. Nilai sila yang diceritakan adalah ....



5. Saat terjadi banjir, warga desa membantu satu sama lain, baik dengan tenaga maupun sumbangan makanan. Nilai sila yang diceritakan adalah ....



6. Sebagai siswa, bagaimana kamu mengamalkan nilai Pancasila sila kedua?



7. Ibu guru meminta semua murid memberikan kesempatan kepada teman yang berbeda agama untuk bercerita tentang hari raya agamanya. Contoh nilai Pancasila yang sesuai adalah ...



8. Siswa kelas 6 membantu membersihkan kelas setelah jam pelajaran selesai. Cara tersebut menunjukkan pengamalan nilai Pancasila sila ke ....



9. Ali memimpin kelompok diskusi dengan mendengarkan semua pendapat anggotanya sebelum mengambil keputusan bersama. Nilai sila yang sesuai dengan tindakan Ali adalah ....



10. Roni membagi tugas kelompok dengan adil dan memastikan setiap anggota mendapat kesempatan yang sama untuk berkontribusi. Nilai sila yang sesuai adalah ....



11. Dari pernyataan berikut, manakah yang bukan contoh mengamalkan Pancasila?



12. Restu selalu berbagi makanan dengan teman-temannya, terutama yang sedang membutuhkan. Contoh ini mencerminkan nilai sila Pancasila yang berbunyi ....



13. Berikut adalah contoh mengamalkan nilai-nilai Pancasila yang tepat adalah ....



14. Perhatikan contoh pengamalan sila Pancasila berikut!
(1) Gotong royong membersihkan kela
(2) Bermusyawarah menentukan jadwal piket
(3) Menolong teman yang jatuh saat bermain

Sebutkan sila Pancasila yang diamanlkan sesuai contoh!



15. Berikut adalah contoh pengamalan sila Pancasila yang benar adalah ....



16. Kegiatan berikut yang mencerminkan pengamalan nilai Pancasila bersama teman adalah ....



17. Manakah dari berikut ini yang bukan contoh pengamalan nilai-nilai Pancasila?



18. Contoh pengamalan nilai Pancasila di lingkungan rumah adalah ....



19. Di sekolah, Jose dan teman-temannya selalu bekerja sama membersihkan kelas secara bergiliran. Hal ini mencerminkan nilai sila Pancasila ....



20. Contoh pengamalan Pancasila di lingkungan sekitar adalah ....



21. Norma adalah aturan yang mengatur tingkah laku manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Manakah di antara pilihan berikut yang merupakan tujuan dari norma?



22. Pak Yudha melarang anak-anak bermain di jalan raya untuk menjaga keselamatan. Norma apakah yang berlaku dalam cerita ini?



23. Manakah yang termasuk hak seorang anak di sekolah?



24. Bayu mendapatkan haknya di rumah berupa kasih sayang dari orang tua. Apa yang dimaksud dengan hak?



25. Ayu selalu membantu ibunya mencuci piring setelah makan. Hal ini menunjukkan kewajiban anak di mana?



26. Kewajiban anak di sekolah yang benar adalah ....



27. Saat bermain bersama teman di taman, Yuli selalu membuang sampah pada tempatnya dan menjaga tanaman di taman. Tindakan Yuli mencerminkan apa?



28. Kewajiban seorang anak di rumah adalah ....



29. Berikut adalah beberapa kewajiban seorang anak. Kewajiban yang dilakukan seorang anak di sekolah adalah ....



30. Andi selalu menjaga kebersihan kamarnya dengan menyapu setiap pagi. Tindakan Andi mencerminkan kewajiban anak di mana?



31. Semester baru telah dimulai dan kelas VI mulai belajar. Mereka memutuskan untuk bermusyawarah memilih ketua kelas yang akan memimpin kelas selama semester. Apa it musyawarah?



32. Saat bermusyawarah, kita harus menjaga sikap agar kegiatan berjalan lancar. Manakah sikap yang tidak boleh dilakukan saat musyawarah?



33. Musyawarah memiliki ciri-ciri tertentu yang membuatnya berjalan dengan baik. Manakah yang merupakan ciri-ciri musyawarah?



34. Perhatikan langkah-langkah untuk melakukan musyawarah berikut!
(1). Menyampaikan pendapat dengan sopan
(2). Menentukan masalah yang akan dibahas
(3). Mengambil keputusan bersama
(4). Mendengarkan pendapat dari semua anggota

Urutan langkah bermusyawarah yang tepat adalah ....



35. Apa manfaat utama dari kegiatan bermusyawarah?



36. Di mana lokasi yang paling tepat untuk melakukan kegiatan musyawarah?



37. Di kelas, siswa mendapati jadwal piket kelas yang tidak adil. Bagaimana cara menyelesaikan masalah ini?



38. Manakah contoh kegiatan musyawarah yang sesuai dengan tempatnya?



39. Yaya dan teman-temannya berdiskusi tentang kegiatan bazar di sekolah. Saat salah satu teman menyampaikan pendapat, Yaya memotong pembicaraan tanpa mendengarkan. Bagaimana seharusnya sikap Yaya?



40. Dalam musyawarah, semua anggota diskusi memberikan pendapat dengan cara yang sopan. Apa yang harus dilakukan jika terjadi perbedaan pendapat?



Kode salah! Silakan coba lagi.

Kunci Jawaban Soal Sumatif Akhir Semester 1 (2023/2024) Kelas 6 Pendidikan Pancasila Kurikulum Merdeka
  1. Jawaban

Selamat telah menyelesaikan Soal Sumatif Akhir Semester 1 untuk tahun ajaran 2024/2025 Kelas 6 Pendidikan Pancasila Kurikulum Merdeka ini! Terima kasih sudah berusaha dengan baik dan meluangkan waktu untuk menjawab setiap soal. Ingat, hasil adalah cerminan dari proses belajar, jadi jika ada yang belum sempurna, itu adalah kesempatan untuk belajar lebih baik lagi. Terus semangat dalam belajar, karena setiap langkah kecil yang kamu ambil hari ini adalah bagian penting dari perjalanan menuju kesuksesan. Tetap percaya diri, dan jangan pernah ragu untuk mencoba lagi!

About the author

Rohk's
Suka baca, nonton, dan kepo banyak hal.

Posting Komentar